Penjelasan Keputihan

Penjelasan Keputihan

Keputihan adalah sebutan umum untuk masalah infeksi pada organ kewanitaan yang disebabkan oleh jamur, bakteri, virus dan parasit. Keputihan ini adalah infeksi yang sangat umum terjadi pada banyak wanita. Semua wanita dapat terkena tanpa memandang umur, tua, muda, remaja bahkan wanita yang sedang hamil. Keputihan dapat bersifat fisiologis dan patologis (penyakit). Secara fisiologis keputihan ditandai dengan keluarnya cairan putih atau bening dari organ intim wanita, tidak berbau dan tidak menimbulkan efek gatal. Keputihan ini juga terjadi pada saat menjelang dan sesudah menstruasi, stress, kecapean dan terangsang pada saat berhubungan intim dengan pasangan. Keputihan seperti ini wajar terjadi pada wanita dan tidak mengakibatkan hal buruk pada wanita tersebut.


Keputihan ini terjadi karena infeksi di vagina, yang disebabkan oleh virus, bakteri, kuman, jamur dan parasit. Penyebab keputihan dan penanggulangannya pada wanita ini bisa dengan memperhatikan kebersihan organ intim wanita. Coba perhatikan kebersihan organ intim wanita anda dengan benar. Ketika akan memebrsihkan, perhatikan air yang akan digunakan, bila anda menggunakan bak atau ember untuk menampung air. Tapi sebaiknya, anda gunakan air yang langsung saja dari keran air. Karena, bila tempat air yang anda gunakan kotor atau jarang dibersihkan, biasanya akan menampung bakteri dan kuman yang bisa menjadi penyebab keputihan.

Namun berbeda dengan keputihan yang bersifat patologis akan diikuti dengan gejala keluarnya lendir secara berlebihan, berwarna kekuningan, kehijauan atau abu-abu, berbau serta memberikan rasa gatal. Salah satu penyebab keputihan adalah masalah kebersihan di sekitar organ intim. Bila ingin terhindar dari keputihan, anda harus menjaga kebersihan daerah sensitif itu. Kebersihan organ kewanitaan hendaknya dilakukan sejak bangun tidur dan mandi pagi.

Penyebab Keputihan Dan Penanggulangannya Pada Wanita, Masalah keputihan sudah menjadi hal yang biasa dan wajar terjadi pada setiap wanita. wanita muda, tua, remaja bahkan wanita hamil pun bisa mengalami keputihan. Keputihan ini merupakan sebuah masalah yang terjadi pada organ intim wanita. Keputihan terdiri dari dua jenis, yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Keputihan normal ditandai dengan keluarnya cairan berwarna bening, tidak berbau dan tidak mengakibatkan gatal. Kalau keputihan tidak normal, ditandai dengan cairan yang keluar berwarna kuning, kehijauan atau abu-abu. Jenis keputihan ini bisa mengakibatkan gatal, mengeluarkan bau tidak sedap, bahkan panas juga pedih di sekitar organ initm wanita.


Ketika anda membersihkan vagina, sebaiknya perhatikan cara membersihkannya ayng benar. Hal ini bisa menjadi penyebab keputihan dan penanggulangannya pada wanita itu membersihkannya dengan cara yang benar. Ketika akan membasuh vagina, lakukan pemebrsihan dari arah depan ke belakang, jangan sebaliknya. Karena, kuman dan bakteri yang terdapat dalam anus, akan berpindah ke bagian vagina. Setelah itu, sebaiknya lap vagina dengan menggunakan tissue atau lap khusus, agar tidak terjadi lembab yang berlebih. Perlu anda ketahui, lembab di daerah organ intim, kuman dan bakteri akan betah dan bertumbuh disana, kemudian terjadilah keputihan. Maka berhati-hatilah dalam membersihkan organ intim.

Keputihan itu bisa terjadi karena kelelahan atau stress. Penyebab keputihan dan penanggulangannya pada wanita ini bisa dengan melakukan relaksasi atau olahraga. Bila anda orang yang sibuk, disarankan untuk menyempatkan 30 menit saja untuk lari dalam seminggu. Jika tidak, anda bisa melakukan jalan kaki atau jalan cepat, hal ini juga akan menyegarkan tubuh, dan tentunya baik untuk kesehatan. Selain itu, anda bisa memperhatikan asupan makanan yang biasa anda konsumsi. Hindari makanan yang mengandung banyak gula, lemak berlebih dan mengandung minyak yang berlebih. Karena disinyalir, beberapa jenis makanan ini akan menumbuhkan bakteri yang berlebih, yang bisa menjadi pencetus keputihan.

Kebiasaan tidak mengganti celana dalam, merupakan salah penyebab keputihan dan penanggulangannya pada wanita untuk sering menggantinya. Karena, celana dalam yang jarang diganti, akan membuatnya kotor dan bisa menumbuhkan bakteri dan jamur. Hal ini tentu pasti akan menyebabkan keputihan timbul.

Selain itu, jarang mengganti pembalut juga bisa menjadi penyebab keputihan dan penanggulangannya pada wanita dengan sering menggantinya. Ketika sedang menstruasi, disarankan anda mengganti maksimal setiap 6 jam sekali. Karena, pembalut yang terlalu lama dipakai, akan menampung banyak air didalamnya. Hal ini membuat betah bakteri dan kuman bersarang dan tumbuh didalamnya. Hal ini tentu tidak baik, karena akan menimbulkan keputihan.

Penjelasan Keputihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown